Candi Borobudur dan Misteri Angka 1

Candi Borobudur dan Misteri Angka 1


Candi Borobudur dan Misteri Angka 1


Jutaan orang sudah mengunjungi Candi Borobudur, tetapi tidak banyak yang mengerti ternyata Candi Borobudur memiliki banyak misteri, salah satunya misteri terkait angka 1.Konon pembangunan candi Budha terbesar di dunia ini sudah menggunakan perhitungan dan teknologi yang tinggi.

Soal misteri angka 1 itu bisa dilihat di bagian dalam rangka arsitektur candi Borobudur bila diamati secara matematik, memang ada misteri yang menarik. Misteri itu mengarah dari angka satu. Beberapa bilangan yang berada di candi bila dijumlahkan angkanya akan selalu menghasilkan angka satu. Sebelum menceritakan misteri angka satu, perlu diketahui tentang tingkatan ranah spiritual budha yang ada di candi Borobudur.

Tingkatan yang pertama adalah Kamadhatu yaitu dunia yang masih di kuasai oleh kama atau nafsu rendah bagian ini sebagian besar tertutup oleh tumpukan batu yang di buat untuk memperkuat konstruksi candi, Tingkatan kedua adalah Rupadhatu yaitu dunia sudah bisa membebaskan diri dari nafsu.

Akan tetapi masih terikat rupa dan bentuk area tersebut adalah 4 pundak teras yang membentuk korang kriling yang ada pada dindingnya dihiasi galery relief lantai yang berbentuk persegi pada 4 lorong itu ada 1.400 gambar relief.

Panjang relief seluruhnya 2 setengah kilometer dengan 1.212 panel dekoratif. Tingkatan ketiga adalah Arupadatu merupakan tingkatan tertinggi yang melambangkan ketiadaan wujud yang sempurna. Pada area ini denah lantai yang berbentuk lingkaran yang melambangkan bahwa manusia telah bebas dari segala keinginan dari ikatan bentuk dan rupa namun belum mencapai Nirwana.

Misteri terkait angka 1 itu yang pertama adalah, Candi Borobudur memiliki 10 tingkatan jika di jumlahkan 1 di tambah 0 hasilnya 1. Angka 1 lainnya muncul pada area Arupadatu. Area ini adalah area 4 tingkat paling atas candi, pada tingkat pertama terdapat satu candi tingkat kedua terdapat 16 candi tingkat ketiga terdapat 24 candi tingkat ke 4 terdapat 32 candi jumlah candi yang berada di area arupadhatu adalah 73 buah.

Nah jika dijumlahkan 7 dan 3 hasilnya adalah 10 dan jika di jumlahkan lagi 1 dengan 0 hasilnya 1. Angka 1 yang terakhir muncul pada jumlah keseluruhan pada patung candi borobudur ada 505 buah patung di sana bila angkanya di jumlahkan hasilnya juga angka 1.


Buka juga :

Post a Comment

0 Comments