"Corona" Lagu Baru Bimbo yang Dibuat Terkait Pandemi COVID-19

"Corona" Lagu Baru Bimbo yang Dibuat Terkait Pandemi COVID-19


"Corona" Lagu Baru Bimbo yang Dibuat Terkait Pandemi COVID-19


Lagu Bimbo "Corona" viral di dunia maya. Lagu ini adalah lagu baru yang terinspirasi oleh pandemi COVID-19. tirto.id - Lagu terbaru grup musik Bimbo berjudul "Corona" yang diinspirasi oleh pandemi virus corona COVID-19 viral di dunia maya. Lagu "Corona" Bimbo ini dibuat khusus atas permintaan Doni Monardo, Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dan Ketua BNPB. Lagu "Corona" viral setelah ada warganet yang menyebut lagu tersebut sudah muncul sejak 30 tahun lalu.

Namun, Bimbo memastikan lagu ini adalah lagu yang baru saja direkam, alias bukan lagu lama. "Lagunya baru-baru ini di-mixing dan lain-lain. Pas minggu kemarin di studio Batu Nunggal, lagu khusus soal corona," keterangan Bimbo dikutip Antara pada Jumat (10/4/2020). Bimbo memastikan, lagu "Corona" sama sekali belum dirilis. Bahkan belum diberikan kepada Doni Monardo, selaku pihak yang meminta mereka membuat lagu tentang pandemi COVID-19. Namun, tiba-tiba lagu ini sudah tersebar, tidak hanya di jejaring WhatsApp, tetapi juga di Youtube. "Diminta sama Doni Monardo. Eh belum dikasihin ke orangnya yang minta lagu. Tahu-tahu sudah kesebar di YouTube, grup WhatsApp sama sosmed," keterangan Bimbo. Baca juga: Lirik "Virus Corona", Lagu Baru Raja Dangdut Rhoma Irama Rhoma Irama Turun Gunung Bikin Lagu Virus Corona, Apa Isi Liriknya?

Grup musik Bimbo

Bimbo, grup musik asal Bandung, terdiri dari Samsudin "Sam" Hardjakusumah, Darmawan "Acil" Hardjakusumah, Jaka Purnama Hardjakusumah, ditambah Parlina "Iin" Hardjakusumah. Grup musik ini sudah terbentuk pada 1967 dengan nama Trio Los Bimbos yang terdiri dari Sam, Acil, dan Jaka. Nama yang berbau Latin ini kemudian diubah jadi Trio Bimbo. Masuknya Iin Parlina membuat grup ini kemudian mengubah nama jadi Bimbo. Pada tahun 1980-an, Bimbo memproduksi lagu-lagu dengan tema kritik sosial dan bertema religius. Beberapa lagu Bimbo yang akrab di telinga di antaranya "Tuhan", "Tante Sun", "Bermata Tapi Tak Melihat", atau "Ada Anak Bertanya pada Bapaknya". Selain itu, ada "Rindu Rasul" dan "Sajadah Panjang".

Lagu virus corona yang viral di media sosial saat ini sempat heboh, karena disebut sudah diciptakan 30 tahun silam, namun kabar tersebut dibantah Acil Darmawan Hardjakusumah atau Acil Bimbo dengan menyebut lagu itu baru saja selesai direkam.

“Baru selesai rekamannya, baru seminggu, belum mungkin seminggu juga,” ucapnya.

Dengan demikian, pernyataan Acil Bimbo ini membantah sekaligus mengklarifikasi kabar yang mengatakan, lagu virus corona diciptakan 30 tahun lalu.


Bocor Ke Khalayak

Acil Bimbo juga mempertanyakan oknum yang menyebarkan lagu berdurasi 1,5 menit tersebut dan dari mana mendapatkan hasil rekamannya.

“Iya, justru pertanyaannya di situ. Saya juga enggak tahu dari mana sumbernya,” ucap kakek artis peran Adhisty Zara itu.

Acil Bimbo menambahkan, lagu virus corona rencananya akan diserahkan kepada BNPB. Namun, tak disangka, lagu tersebut sudah bocor dan ramai di media sosial.

“Penginnya diberikan untuk BNPB. Cuma jadi ramai gitu, ya, enggak apa-apa,” kata pria kelahiran Agustus 1943. Acil juga bilang, lagu tentang virus corona merupakan inisiatif Bimbo menyikapi pandemi Covid-19.

“Ah, itu mah kesadaran diri aja, karena bukan apa-apa. Ini peristiwa besar dunia kok, peristiwanya luar biasa,” kata Acil.

Perwakilan keluarga Bimbo juga menjelaskan bahwa lagu tersebut diciptakan oleh Syam, Acil, dan Jaka belum lama ini di studio Batu Nunggal, Bandung, Jawa Barat.

“Lagu itu memang khusus bercerita soal virus Corona,” ujarnya.

Bahkan, diceritakan bahwa Bimbo menciptakan lagu tersebut karena diminta oleh Kepala Gugus Tugas Covid-19, Doni Monardo.

“Lagu soal Corona itu diminta oleh Kepala Gugus Tugas, Doni Monardo,” katanya.

Bimbo pun berterimakasih karena lagu Virus Corona ini mendapatkan apresiasi yang tinggi setelah dilempar ke media sosial dan juga situs berbagi video, Youtube.

Berikut lirik lagu virus corona yang dinyanyikan Bimbo dan bocor ke media sosial:


Corona datang, Tuhan mencuci dunia
Membungkam kesombongan manusia
Tempat ibadah semuanya ditutup
Manusia bingung cari pegangan
Corona datang, Bukanlah kebetulan
Mendidik kita untuk jadi salah
Anak dan istri jabatan kekayaan
semua itu bukan milik kita
hooo hooo hoooo


Beredar informasi yang mengklaim grup musik legendaris Bimbo telah menciptakan lagu terkait virus corona sejak 30 tahun silam. Tak sedikit masyarakat yang mempercayainya.

Anggapan yang beredar luas di media sosial ini langsung membuat netizen heboh. Terlebi menggunakan nama grup musik legendaris ini.

Pasalnya, Bimbo dianggap telah memprediksi adanya wabah mematikan yaitu COVID-19 sejak puluhan tahun yang lalu.

Salah seorang warganet pengguna Facebook sempat menulis status.

"Lagu corona dari Bimbo, dulu hanya dianggap sebagai lagu. Ternyata sekarang terbukti. Lagu 30 tahun yang lalu jadi kenyataan sekarang, luar biasa. Subhanallah," tulis akun bernama Bob.Hoaks lagu Bimbo soal corona diciptakan 30 tahun yang lalu (Facebook).

Namun, apakah benar demikian?


Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran diketahui bahwa klaim lagu itu diciptakan 30 tahun yang lalu adalah salah.

Salah satu personel Bimbo, Acil menegaskan kalau lagu soal corona itu adalah lagu baru.

Lagu tersebut bahkan belum dirilis secara resmi tetapi sudah terlanjur beredar luas di media sosial.

"Kita baru selesai juga, baru bikin [lagunya] seminggu yang lalu. Baru selesai rekamannya juga baru seminggu," tukasnya saat dihubungi lewat sambungan telepon, Jumat (10/4/2020).

Acil juga mengatakan kalau lagu itu dibuat atas permintaan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo.

Ia pun kaget saat mengetahui bahwa lagu corona yang ia kerjakan sudah beredar luas di kalangan masyarakat dan bahkan ada yang menganggap lagu itu diciptakan 30 tahun yang lalu.

"Kita juga kaget, jadi sakti. Bagusnya itu jadi promosi lah,” pungkasnya.


Kesimpulan

Dari keterangan Acil di atas maka jelas bahwa kabar tersebut memuat informasi yang salah. Lagu corona yang sedang digarap oleh grup musik Bimbo tidak diciptakan 30 tahun yang lalu melainkan belum lama ini.

Itulah hasil cek fakta lagu Bimbo terkait virus corona ternyata bukan ciptaan 30 tahun silam, melainkan lagu baru.


Buka juga :

Post a Comment

0 Comments