Daftar Jalan Tol Terpanjang di Dunia

Daftar Jalan Tol Terpanjang di Dunia


Daftar Jalan Tol Terpanjang di Dunia


Infrastruktur jalan merupakan salah satu indikator berkembangnya pertumbuhan ekonomi dan masyarakat di suatu negara. Salah satunya jalan tol atau jalan bebas hambatan. Beberapa jalan tol di dunia tersohor karena jaraknya sangat panjang.

Berikut 10 jalan bebas hambatan terpanjang di dunia.

PAN AMERICAN HIGHWAY (47.516 KILOMETER)



Inilah jalan tol terpanjang di dunia yang terbentang dari Alaska di bagian utara Amerika menyusuri Meksiko hingga berakhir di bagian selatan Chile. Tidak kurang dari 25 negara, 17 di antaranya ibu kota negara-negara Amerika Latin, dilalui oleh jalur bebas hambatan yang total panjangnya mencapai 47.516 kilometer ini.

AUSTRALIA’S HIGHWAY (14.500 KILOMETER)

Seperti halnya Pan American Highway, jalan bebas hambatan yang beroperasi di Australia ini sejatinya adalah sistem atau kesatuan jalan-jalan yang membentang mengelilingi seluruh negara bagian negeri Kangguru. Tidak kurang dari satu juta orang menggunakan jalan tol dengan panjang mencapai 14.500 kilometer ini untuk aktivitas mereka sehari-hari.

TRANS SIBERIAN HIGHWAY (11.000 KILOMETER)

Trans Siberian Highway adalah jalan tol yang terbentang menghubungkan Rusia bagian utara hingga menuju bagian tenggara negara itu yang berbatasan dengan Laut Jepang dan Samudera Pasifik. Panjang jalan bebas hambatan ini mencapai 11.000 kilometer.

TRANS CANADA HIGHWAY (7.800 KILOMETER)



Negeri jiran di sebelah utara Amerika Serikat ini tidak mau kalah dalam hal pembangunan jalan bebas hambatan. Negeri berlambang daun mapel ini memiliki Trans Canada Highway yang tidak lain adalah jalur tol terintegrasi modern yang menghubungkan Vancouver, British Columbia, hingga berakhir di St. John's, Newfoundland.Trans Canada Highway memiliki panjang 7.800 kilometer.

ROUTE SIX HIGHWAY (5.158 KILOMETER)

Route Six Highway adalah jalan bebas hambatan yang menyandang identitas nama besar tokoh Amerika, Franklin Delano Roosevelt. Jalan ini kali pertama dibangun pada 1925 sebagai respons atas kian menggeliatnya ekonomi negeri Paman Sam, khususnya di pantai timur Amerika sebagai kota tujuan bisnis dunia. Jalan tol ini memiliki panjang 5.158 kilometer yang bermula dari Massachusetts menuju Brewster, New York.

INTERSTATE 90 HIGHWAY (4.987 KILOMETER)

Jalan bebas hambatan ini adalah salah satu jalan terpanjang antar-negara bagian yang ada di AS. Jalurnya membentang sepanjang 4.987 kilometer menghubungkan Seattle di Pantai Barat Amerika hingga Boston, negara bagian di Pantai Timur Amerika.

INTERSTATE 80 HIGHWAY (4.666 KILOMETER)

Seperti halnya jalur bebas hambatan lainnya di AS, jalur tol Interstate 80 Highway menghubungkan Pantai Timur Amerika dan Pantai Barat Amerika. Berbeda dengan saudara tuanya Interstate 90 Highway, Interstate 80 Highway menghubungkan San Francisco, California, menuju Teaneck, New Jersey, yang panjangnya mencapai 4.666 kilometer.

THE TARIM DESERT HIGHWAY (998 KILOMETER)

Inilah jalan tol terpanjang di Asia. Jalur tol di China ini membentang dari arah utara ke selatan negeri tirai bambu sepanjang 998 kilometer. Titik nol atau awal dari jalan tol ini terletak di Kota Tarim yang kaya akan minyak.




MACDONALD CARTIER FREEWAY (817 KILOMETER)

Keberadaan jalan tol MacDonald Cartier Freeway disebut-sebut menjadi kunci lancarnya jalur distribusi dan akses transportasi di AS. Jalur tol ini dibangun pada 1938 untuk menghubungkan kota otomotif Detroit, menuju Quebec yang berjarak 817 kilometer.




HIGHWAY 409 (500 KILOMETER)

Setelah Route Six Highway, Interstate 90 Highway, dan Interstate 80 Highway, AS juga masih memiliki jalur tol kebanggaan lainnya yaitu Highway 409 yang dibangun di Kota Ontario. Panjang jalan bebas hambatan ini mencapai 500 kilometer. Umumnya warga kota Ontario menggunakannya sebagai jalur utama menuju Bandara Internasional Ontario (ONT) karena ini adalah jalan tercepat dibandingkan jalan raya umumnya.


Buka juga :

Post a Comment

0 Comments