Paham Komunisme & Zionisme

Paham Komunisme & Zionisme


Paham Komunisme & Zionisme


Paham Komunisme merupakan sebuah paham yang menekankan kepemilikan bersama atas alat-alat produksi (modal, tanah, tenaga kerja) yang mempunyai tujuan terwujudnya masyarakat yang makmur, masyarakat komunis tanpa kelas dan semua orang sama.  

Paham Zionisme merupakan paham yang dianut gerakan nasional orang Yahudi dan budaya Yahudi yang mendukung terciptanya sebuah tanah air Yahudi di wilayah yang didefinisikan sebagai Tanah Israel.

Pembahasan

Paham Komunisme merupakan sebuah paham yang menekankan kepemilikan bersama atas alat-alat produksi (modal, tanah, tenaga kerja) yang mempunyai tujuan terwujudnya masyarakat yang makmur, masyarakat komunis tanpa kelas dan semua orang sama. Tokoh-tokoh komunis antara lain adalah Muso, Aidit, Karl Marx, Joseph Stalin, Friedrich Engels hingga Leonid Breznev. Sementara negara yang menerapkan ideologi komunisme antara lain Republik Rakyat Tiongkok, Korea Utara, Vietnam, Rusia, Kuba, dan Albania

Adapun ciri-ciri dari paham komunisme ini antara lain adalah sebagai berikut :
  • Bersifat atheis dimana pengikutnya tidak mengimani adanya Tuhan. Mereka menganggap Tuhan tidak ada, kalau dia berpikir bahwa Tuhan tidak ada. Tetapi ketika berpikir Tuhan itu ada, maka keberadaan Tuhan terserah kepada manusia.
  • Doktrin komunis salah satunya adalah the permanent / continuous revolution (revolusi terus-menerus) yang memiliki makan revolusi menyebar ke seluruh dunia, maka komunisme disebut go internasional.
  • Komunisme mengajarkan teori pertentangan (perjuangan) kelas.
  • Komunisme menganut sistem politik satu partai, yaitu partai komunis sehingga dapat dikatakan bahwa dalam negara komunis tidak terdapat partai oposisi atau komunisme itu pada dasarnya tidak menghormati HAM.
  • Kurang menghargai manusia sebagai individu, dibuktikan dengan ajaran yang tidak mengizinkan seseorang menguasai alat-alat produksi.
  • Komunis mempunyai progam terwujudnya masyarakat yang makmur, tanpa kelas, dan semua orang itu sama dimana untuk mewujudkannya, ada fase diktator proletariat yang mempunyai tugas membersihkan kelas lawan komunisme, terutama tuan tanah yang bertentangan dengan demokrasi.
  • Negara dan hukum akan lenyap karena tidak lagi diperlukan.
  • Paham Zionisme merupakan paham yang dianut gerakan nasional orang Yahudi dan budaya Yahudi yang mendukung terciptanya sebuah tanah air Yahudi di wilayah yang didefinisikan sebagai Tanah Israel. Zionisme atau gagasan yang berupaya membentuk sebuah negara Yahudi merdeka, dimulai pada abad ke-19 dengan berbagai tulisan seperti yang ditulis oleh Theodor Herzl. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya Yudaisme yang mana Yudaisme sendiri merupakan keyakinan yang lahir di daerah yang sekarang dikenal sebagai Israel. Akibatnya, orang-orang Yahudi pada era sebelum masehi menganggap Israel sebagai rumah mereka.

Gerakan Zionis lebih bersifat politis daripada religius walaupun memiliki dukungan teks agama terutama dari Taurat. Tujuan utama dari Zionisme sendiri adalah untuk mengakhiri pengasingan Yahudi dari tanah leluhur mereka, sehingga negara Israel lebih mewakili entitas negara (politik) dibandingkan entitas agama. Gerakan Zionisme mendapatkan momentumnya setelah Holocaust pada Perang Dunia II yang mengarah pada pembentukan Israel pada tahun 1948.

Post a Comment

0 Comments