5 Cara Bantu Uighur Di China

5 Cara Bantu Uighur Di China


5 Cara Bantu Uighur Di China


Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan untuk meringankan beban penderitaan mereka:


Kemajuan ekonomi bagaikan bahan bakar bagi kediktatoran China, maka merongrong perekonomian bisa jadi merupakan satu-satunya jalan untuk menghentikannya. Anda bisa memulainya dengan tidak membeli handphone buatan China, uninstall aplikasi buatan China, berhenti belanja dari marketplaceasal China seperti Alibaba dan Tencent.

Bagi traveller, hindari bepergian ke China, hindari menginap di hotel milik China. Buatlah pemerintahan Beijing mengerti bahwa mereka tidak bisa terus-terusan menari di atas tangisan muslim Uighur.

Memboikot produk-produk China memang berat, tidak semudah memboikot produk-produk Israel, namun jika tidak kita mulai dari sekarang, kapan lagi?


Tidak semua orang tahu mengenai situasi yang sebenarnya terjadi di Turkistan Timur, dan China sangat takut terhadap orang-orang yang mengetahuinya karmuslil itu bisa mengungkap wajah mereka yang sebenarnya.

Maka sebarkanlah fakta-fakta terkait Uighur dengan segala cara yang anda mampu; jika anda tidak mampu menggelar seminar atau konferensi pers, anda bisa membuat kelompok diskusi meskipun kecil.


Beberapa muslim Uighur berkesempatan melarikan diri lalu tinggal di luar China, bisa jadi beberapa di antara mereka tinggal di sekitarmu. Jika anda bertemu mereka, maka rangkullah mereka, dengarkan curahan hati mereka, dan jadilah saudara yang dapat memberikan perlindungan kepada mereka.


Anda bisa menulis surat kepada Pemerintah, mention mereka di twitter, tag mereka di facebook, atau bisa juga membuat petisi. Mintalah kepada pemerintah agar bersuara dan mendesak pemerintah China agar segera mengakhiri tindakan represifnya terhadap muslim Uighur.


Anda tidak perlu jauh-jauh mendatangi kantor PBB, anda cukup menggelar aksi damai di manapun anda berada.

Post a Comment

0 Comments